Efek Samping Obat Tidur Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

     Selamat siang sahabatku jumpa lagi sama saya selaku admin Alasehat.Id yang selalu uptodate tentang berbagai artikel kesahatan yang mungkin suatu saat bermanfaat bagi sahabatku dalam menjalani hidup yang sehat jasmani dan rohani,kali ini saya akan membagikan artikel Efek Samping Obat Tidur Dan Dampaknya Bagi Kesehatan yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya,berikut penjelasanya :

       Tidak sedikit orang yang meminum obat tidur untuk membantu mereka agar bisa tidur atau beristirahat dengan nyaman. Mungkin obat tersebut diresepkan oleh dokter, atau mungkin juga mereka membelinya sendiri di apotek. Minum obat tidur sebenarnya adalah hal yang wajar dan bisa diterima, namun meminumnya terlalu sering dan berlebihan akan memiliki efek yang tidak bagus untuk kesehatan.
Obat Tidur Bisa Menyebabkan Ketergantungan
      Sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan di dalam jurnal Substance Abuse and Mental Health Service Administration menunjukkan bahwa pil tidur dinilai memiliki bahaya yang cukup besar dari apa yang dipikirkan sebagian besar orang.
    Data penelitian menunjukkan ada banyak masalah kesehatan di rumah sakit yang diakibatkan oleh meminum obat tidur yang berlebihan. Hal ini didukung data yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah pasien juga yang dirujuk ke rumah sakit terkait penggunaan obat tidur dari tahun 2005 sampai 2010.
     Seorang peneliti bernama Carl Bazil, M.d mengatakan bahwa banyak orang berpikir bahwa obat tidur cenderung jinak. Namun disitulah letak masalahnya. Obat tidur memang dapat membantu orang tidur dengan tenang. Namun demikian, obat tidur hanya mempunyai efek sementara, dan tidak untuk digunakan dalam jangka panjang. Jika terlalu sering, obat ini bisa berbahaya.
    Bahaya terbesar dari obat tidur cenderung lebih banyak berpengaruh pada wanita dibandingkan pria. Hal ini karena wanita memiliki kemungkinan memetabolisme obat tidur lebih lama daripada pria. Masalah lain terkait obat tidur adalah efeknya yang baru akan terasa di keesokan harinya. Orang yang mengonsumsi obat tidur di malam hari biasanya akan sedikit lelah setelah bangun tidur keesokan harinya. Bahkan orang tersebut mungkin masih merasa mengantuk. Apabila dia mengantuk ketika berangkat kerja dan dia sedang berkendara, maka hal tersebut dapat berakibat fatal untuk keselamatannya.
Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Secara Alami
     Bazil menjelaskan “Kecelakaan ketika berkendara merupakan salah satu masalah terbesar bila orang mengkonsumsi pil tidur. Hal ini karena mereka seringkali tidak menyadari bahwa kesadaran mereka belum pulih sepenuhnya. Ini hampir mirip dengan seseorang yang mengendarai kendaraan sambil mabuk”.
     Pil tidur juga dapat berbahaya apabila meminumnya bersamaan dengan alkohol, stimulan, ataupun obat lainnya. Efeknya akan mengganda dan membuat orang merasa tidak nyaman saat bangun tidur keesokan harinya. Sebagian besar orang sering tidak sadar bahwa efek pil tidur sangatlah cepat dan kuat. Agar tidak menjadi berbahaya, maka sebaiknya obat tidur diminum saat anda sudah siap tidur di atas kasur.
     Adapun masalah lainnya yang dapat muncul akibat mememinum obat tidur adalah ketagihan. Tidak selalu terjadi, namun penggunaan jangka panjang obat tidur dapat memicu rasa ketagihan dan ketergantungan terhadap obat tersebut. Ketika tubuh telah terbiasa dengan obat tidur, maka tubuh juga akan ‘menerimanya’. Anda mungkin akan lebih sulit tertidur bila tidak minum obat tidur terlebih dulu.
    Obat tidur boleh saja diminum untuk membantu tidur, namun demikian jangan meminum terlalu sering. Janganlah bergantung pada obat tidur demi mendapatkan tidur nyenyak. Mulailah perbaiki pola tidur anda, bisa dengan cara relaksasi sebelum tidur atau mengkonsumsi makanan yang dapat memicu rasa kantuk.

Penutup
Demikian artikel tentang Efek Samping Obat Tidur Dan Dampaknya Bagi Kesehatan pada blog ini juga terdapat beberapa artikel yang terdiri dari label atau kategori yang dapat memudahkan anda untuk mencari informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Informasi yang saya sampaikan adalah hasil dari pengalaman online dan ilmu yang sudah kami dapatkan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.
Selain blog ini saya juga mempunyai atau mengelola beberapa blog yaitu blog yang berhubungan dengan pendidikan barangkali anda mencari tugas sekolah dan seputar pendidikan sekolah silahkan kunjungi Meraknet.Com. blog yang berhubungan dengan Tutorial Tekno barangkali anda mencari beberapa tutorial dan beberapa pengertian tentang dunia teknologi silahkan kunjungi Tutorialpc.Id. blog yang berhubungan dengan music barangkali anda mencari music terbaru dan terhits dari berbagai genre silahkan kujungi MeraknetMusic. blog yang berhubungan dengan lirik lagu barangkali anda mencari lirik lagu terbaru dan terhits dari berbagai genre silahkan kunjungi Jagolirik.Id. dan yang terahir blog yang berhubungan dengan review produk terkenal tapi bukan dalam bahasa indonesia melainkan artikel dalam bahasa inggris bila berkenan silahkan kunjungi Regedit.Id.

saya mengucapkan banyak terima kasih sudah berkunjung di Blog  alasehat.id saya akan selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kemiripan kata yang disengaja maupun tak disengaja mohon dimaklumi dan dimaafkan karena saya juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. untuk berpartisipasi di blog ini silahkan anda meninggalkan komentar yang baik dan sesuai dengan tema pada artikel yang anda baca. demi keberlangsungan dan keberadaan Blog yang sama-sama kita cintai ini. Kritik dan Saran sangat dibutuhkan oleh karena itu silahkan kunjungi dan hubungi saya melalui contact link yang ada di blog ini.sekian dan terimakasih



Salam waras

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Efek Samping Obat Tidur Dan Dampaknya Bagi Kesehatan"

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel