Dampak Negatif dan Positif mandi air hangat bagi kesehatan

Selamat siang sahabatku jumpa lagi sama saya selaku admin Alasehat.Id yang selalu uptodate tentang berbagai artikel kesahatan yang mungkin suatu saat bermanfaat bagi sahabatku dalam menjalani hidup yang sehat jasmani dan rohani,kali ini saya akan membagikan artikel Dampak Negatif dan Positif mandi air hangat bagi kesehatan yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya,berikut penjelasanya :

A. Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan
1. Mandi air hangat dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka (melembab) sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Air hangat juga dapat membersihkan kulit. Pori – pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.
2. Dengan mandi air hangat juga dapat melancarkan sisterm peredaran darah kita sobat, dan salah satunya adalah peredaran darah yang menuju ke otak sehingga kita tidak akan mudah terserang migrain.
3. Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup sobat, dan lagi uap itu pula bisa menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.
4. Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita dari berbagai beban pikiran yang membuat kita merasa lemah.
5. Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.
6. Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
7. Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.
8. Mandi ari hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi tubuh, air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek, dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan, terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang.
9. Mandi air hangat juga bisa di dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan, dengan mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh kita sebelum berolahraga pagi. Ketika kita bangun tidur, otot – otot bisa jadi masih dalam keadaan kaku, ini menyebabkan kita mudah keram, dan peredaran darah pun kurang begitu lancar, sehingga dengan mandi air panas di pagi hari ini dapat melancarkan peredaran darah dan menangkal otot – otot untuk terjadi keram karena kaku.
10. Mandi air hangat juga bisa menyembuhkan penyakit insomnia.
B. Dampak Negatif dari Mandi Air Hangat
1. Mandi air hangat memang menguntungkan ketika membuat pori – pori membuka namun bila tidak di tutup lagi dengan cara dibilas air dingin dapat membuka semakin lebar yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.
2. Mandi air hangat dapat menurunkan kualitas sperma ini dikarenakan mandi air hangat tidaklah baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).
Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.
Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin, Inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.
3. Suhu air hangat bagi ibu hamil tidak boleh terlalu tinggi karena dapat membahayakan janin dalam rahim sang ibu, sang jabang bayi bisa saja lahir tidak sempurna atau bahkan secara parahnya sang bayi tidak kuat sehingga kandungan melemah.
4. Efek langsung dari mandi air hangat yang berketerusan pertama adalah kulit kering. Jika mandi air hangat memang dapat melembakanan kulit, namun tidak akan berlangsung lama jika dibandingkan dengan mandi air dingin, ini lah yang menyebabkan kulit mudah mengering.
5. Mandi air hangat juga dapat membuat kita jadi kurang gairah atau kurang semangat untk menjalani aktivitas kita.
Rasa malas itu timbul karena suhu tubuh yg terbawa menjadi panas. Untuk orang yg hobi berolahraga mungkin sudah biasa dengan suhu tubuh yg panas. Malah bisa membuat mereka jadi makin semangat. Tapi bagi kita yg kurang berolahraga atau berolahraga tapi kurang teratur, yg ada kita malah jadi malas.
Tips Aman Mandi Air Hangat
6. Air yang digunakan Jangan Terlalu Panas. Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius.
7. Cek air mandi apakah tidak terlalu panas. Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terasa terbakar atau tidak. Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup.
8. Sebelum menggunakan air hangat, mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Kemudian baru disiram dengan air hangat.
Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.
9. Jangan dilakukan setiap hari, karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.

Penutup
Demikian artikel tentang Dampak Negatif dan Positif mandi air hangat bagi kesehatan pada blog ini juga terdapat beberapa artikel yang terdiri dari label atau kategori yang dapat memudahkan anda untuk mencari informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Informasi yang saya sampaikan adalah hasil dari pengalaman online dan ilmu yang sudah kami dapatkan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.
Selain blog ini saya juga mempunyai atau mengelola beberapa blog yaitu blog yang berhubungan dengan pendidikan barangkali anda mencari tugas sekolah dan seputar pendidikan sekolah silahkan kunjungi Meraknet.Com. blog yang berhubungan dengan Tutorial Tekno barangkali anda mencari beberapa tutorial dan beberapa pengertian tentang dunia teknologi silahkan kunjungi Tutorialpc.Id. blog yang berhubungan dengan music barangkali anda mencari music terbaru dan terhits dari berbagai genre silahkan kujungi MeraknetMusic. blog yang berhubungan dengan lirik lagu barangkali anda mencari lirik lagu terbaru dan terhits dari berbagai genre silahkan kunjungi Jagolirik.Id. dan yang terahir blog yang berhubungan dengan review produk terkenal tapi bukan dalam bahasa indonesia melainkan artikel dalam bahasa inggris bila berkenan silahkan kunjungi Regedit.Id.

saya mengucapkan banyak terima kasih sudah berkunjung di Blog  alasehat.id saya akan selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kemiripan kata yang disengaja maupun tak disengaja mohon dimaklumi dan dimaafkan karena saya juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. untuk berpartisipasi di blog ini silahkan anda meninggalkan komentar yang baik dan sesuai dengan tema pada artikel yang anda baca. demi keberlangsungan dan keberadaan Blog yang sama-sama kita cintai ini. Kritik dan Saran sangat dibutuhkan oleh karena itu silahkan kunjungi dan hubungi saya melalui contact link yang ada di blog ini.sekian dan terimakasih

Salam waras

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Negatif dan Positif mandi air hangat bagi kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel